Sabtu, 07 April 2012

KENAPA KITA TAKUT PADA SETAN?

     Ulama mengatakan sesungguhnya ketakutan kita pada jin sama dengan ketakutan jin pada kita. tapi ketika jin melihat kita takut pada mereka maka jin-jin itu jadi membangga-banggakan diri dan berkata pada temannya 'lihatlah mereka takut pada kita'.
lalu apa sebenarnya yang menyebabkan kita takut pada setan (jin) ?
     Dulu saya pernah bekerja sebagai karyawan sablon milik warga keturunan (cina) di Jakarta. karena saya sudah cukup lama bekerja di situ sayapun akarab dengan anak pemilik sablon yang masih kecil itu. saya perhatikan setiap anak ini rewel orang tuanya selalu menakut nakuti dengan kata kecoa. misalnya jika si anak menangis terus maka orang tuanya akan berkata 'kalau menangis terus nanti ada kecoa yang datang menggigit kamu'. anak itupun langsung terdiam tapi akibatnya anak itu sangat takut pada kecoa. saya pernah mencoba menakuti anak itu dengan mengatakan 'awas di pojok itu ada vampir'. saya sebut vampir karena setahu saya di benak orang cina yang namanya setan ya vampir. namun tak ada ketakutan sedikitpun pada anak itu padahal saat saya mengatakan itu malam hari. warga keturunan (cina) yang dewasapun begitu, saat malam hari mereka lewat di tempat yang seram dan gelap mereka tidak takut akan ada pocong, setan dan sejenisnya tapi yang mereka takuti preman yang akan memalak mereka.
     jadi menurut saya penyebab utama ketakutan kita pada setan adalah karena didikan yang salah saat kita kecil yang berhubungan dengan setan. tanpa sadar orang tua sering bercerita yang menakutkan tentang sosok setan. bukan cuma itu acara di tivi seperti sinetronpun sering menggambarkan sosok setan yang menyeramkan. padahal tak jarang anak-anak ikut menonton sinetron yang di tonton orang tuanya. dan untuk menghilangkan rasa takut yang sudah tertanam sejak kecil itu memang sangat susah. saya sendiri yang tahu dan yakin bahwa setan atau jin bisa di kalahkan dengan do'a dan ayat-ayat al qur'an masih ada perasaan takut kalau melewati tempat angker saat malam. padahal teman saya yang pengetahuan agamanya masih awam dan jarang beribadah sering memancing malam hari di sebuah sungai yang persis ada di samping pemakaman umum.
     karena itu marilah kita jauhkan anak-anak dari tontonan yang tidak mendidik dan membuat ia takut pada setan. untuk orang dewasa yang sudah terlanjur tertanam rasa takut pada setan, saran saya selain terus menambah wawasan tentang dunia jin yang sesuai dengan al qur'an dan hadits juga terus berusaha mengikis rasa takut itu. esok kita akan bahas 'pada saat bagaimana jin (setan) dalam posisi lemah?'

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda