Rabu, 21 Desember 2011

keyakinan untuk alasan...

Banyak dukun,paranormal atau orang yang mengaku ustad,dalam praktek pengobatannya mewajibkan pasien harus memiliki keyakinan yang mantap sebelum melakukan proses pengobatan.anda tahu apa sebabnya? mungkin cerita di bawah ini bisa membuat kita lebih kritis.
saat aku remaja dulu,banyak pemuda di desaku yang belajar ilmu kesaktian,terutama sigeg (nama pukulan jarak jauh di Brebes) pada orang 'pinter' yang tinggal di desa sebelah.
sebelum memberikan ilmu,orang itu mewajibkan muridnya agar yakin,tanpa keyakinan ilmu itu tak akan bisa di kuasai.sayangnya walaupun telah yakin tapi pemuda-pemuda itu gagal mendapatkan ilmu itu.beberapa pemuda yang kritis menanyakan kegagalan itu pada sang guru.kata sang guru 'kalian gagal karena kalian sebelumnya tidak yakin'.ada pemuda yang berani membantah,'tapi sebelumnya kami sangat yakin'.orang pinter itu tak mau kalah dan mengatakan 'buktinya kalian gagal,itu berarti sebelumnya kalian tidak yakin'.
jadi memberi sarat agar pasien harus yakin kadang hanya tameng yang di ciptakan untuk memberi alibi andai pasien tidak sembuh atau tidak mendapat apa yang ia inginkan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda