Sabtu, 07 Januari 2012

Setan turun di permainan turun sintren

Tiga puluh tahun yang lalu,saat masih kecil aku pernah menonton permainan turun sintren.
adegan permainan itu sendiri mula-mula akan ada seorang remaja putri yang kemudian seluruh tubuhnya di ikat  dengan tali. lalu gadis cilik yang terikat itu di tutup dengan kurungan yang hanya muat untuk dirinya, itupun dia harus dalam posisi duduk karena jika berdiri kepalanya akan menyentuh atap penutup. sebelum di tutup, di pangkuan gadis itu di letakan alat make up dan pakain bagus. kemudian rombongan pengiring menyanyikan sebuah lagu yang merupakan mantra pemanggil roh halus. syair lagu itu adalah;
turun sintren
sintrene widadari
luruh kembang yon ayoni
kembange si jaya indra
kami jaya,kami manjing
manjing sing dadi

kembang jahe laos
lempuyang kembange kuning
pan balik los-los
sekiki mene maning


kembang joar
di sebar dadi salatar
ayo bibi udar-udar
sintrene pan jaluk bayar

syair lagu di atas yang menunjukan adanya roh halus yang sengaja di panggil ada pada kalimat "kami manjing,manjing sing dadi" artinya kami masuk ke tubuh yang jadi sintren.
setelah beberapa kali menyanyikan mantra itu,penutuppun di buka dan ajaib tali yang mengikat tubuh si gadis kecil itu terlepas. lebih mengherankan lagi gadis itu telah memakai make up dan baju bagus yang sebelumnya di letakan di pangkuannya.siapa yang melepas ikatan tali itu? siapa yang telah merias wajah gadis itu dengan make up dengan benar/tidak belepotan padahal dalam kurungan itu gelap? jelas itu di lakukan oleh roh halus alias jin dan jin itu pula yang kemudian menguasai tubuh gadis itu karena adegan selanjutnya adalah gadis itu menari dalam keadaan kerasukan alias tidak sadar.
saat si gadis menaari, pengiring rombongan kembali menyanyikan lagu di atas. kemudian satu persatu pengunjung yang memiliki hajat atau penyakit mendatangi si bocah yang sedang menari,pengunjungpun mengungkapkan hajatnya. kembali si gadis kecil menunjukan kehebatan, tiba-tiba ada benda seperti minyak,daun dan lain-lain ada di tangan gadis kecil itu yang kemudian di berikan pada pengunjung yang mengungkapkan hajat padanya,lalu pengunjung ini memberikan sejumlah uang pada pawang permainan turun sintren itu.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda