Bismillah,saudara-saudaraku..kadang tak tahu dr mana datangnya tiba-tiba ada ular di dalam rumah kita.jika anda mengalami itu jangan langsung di bunuh ularnya krn siapa tahu ia saudara seiman kita dr bangsa jin muslim.
Rosululloh bersabda; ular adalah jelmaan dari jin sebagaimana monyet-monyet dan celeng-celeng adalah jelmaan dr bani israil. (HR THABRANI DAN ABU SYAIKH).
Yg harus di lakukan adalah mengancamnya dg kalimat spt,Demi Alloh keluarlah dr rumahku dan jangan pernah kembali lagi kalau tidak aku akan membunuhmu.setelah itu buanglah ular itu,tanpa harus melukainya.kalau esoknya datang lagi bunuhlah ular itu sebab kalaupun itu jelmaan jin pastilah itu jin kafir jadi tidak masalah bila kita membunuhnya.
salah seorang sahabat rosululloh ada yang pernah membunuh ular rumah dan dalam peristiwa itu pulalah dia menemui ajalnya. imam muslim dalam sahihnya meriwayatkan bahwa Abu saib bertamu ke rumah Abu said al khudri. dia menjumpai abu said sedang sholat, kemudian dia duduk seraya menunggu abu said menyelesaikan sholatnya . Abu saib berkata: "tiba-tiba aku mendengar ada suara gemersik sesuatu yang bergerak-gerak di tumpukan dahan kurma kering di salah satu sudut ruangan rumah. lalu aku melihatnya, ternyata sesuatu yang bergerak itu adalah seekor ular. kemudian aku menghampiri ular itu untuk membunuhnya namun abu said menyuruhku untuk duduk kembali. kemudian setelah ular itu pergi , abu said menunjuk ke salah satu rumah tetangga dekatnya seraya berkata: "dulu di rumah itu  tinggal seorang pemuda yang baru saja menjadi pengantin. suatu hari kami bersama rosululloh saw berangkat menuju perang khandaq. pada paruh hari pemuda  itu meminta izin pada rosululloh  untuk pulang menemui istrinya. lalu rosulullohpun memberinya ijin pulang sehari dan juga berpesan  agar dia tidak lupa membawa serta senjatanya karena beliau khawatir barangkali bani quraizhah akan menyerangnya sewaktu-waktu. pemuda itu lantas mengambil senjatanya lalu pulang. sesampai di depan rumah,tiba-tiba dia melihat istrinya tengah berdiri di depan pintu. maka setelah dekat dia mengacungkan tombak ke arahnya hendak menusuknya karena di bakar rasa cemburu. istrinya mencoba mencegahnya dan mempersilahkan masuk ke dalam rumah agar dia dapat menyaksikan sendiri apa yang menyebabkan dirinya keluar rumah. pemuda itu lalu masuk. tiba-tiba dia melihat seekor ular besar  tengah melingkar di atas ranjang. pemuda itu mendekatinya lalu menusuknya dengan tombak. setelah itu ular itu di bawa keluar rumah  lalu di letakannya di tanah tapi tiba-tiba ular itu bergerak mematuknya, namun tidak di ketahui siapa yang lebih dulu menemui ajalnya, apakah pemuda itu atau ular yang dia tusuk. kemudian kami melaporkan peristiwa itu pada rosululloh. kami memohon pada rosululloh untuk mendoakan semoga Allah menghidupkan lagi pemuda itu namun rosululloh tidak bersedia, sebaliknya justru meminta kepada kami untuk memintakan ampun kepada Allah untuknya (karena perbuatan pemuda itu yang membunuh ular itu).lalu nabi bersabda: "sesungguhnya di kota madinah ada sekelompok bangsa jin yang sudah masuk islam. maka ketika kalian melihat salah satunya hendaklah kalian mengusirnya selama 3 hari jika setelah di usir selama itu masih juga muncul maka hendaklah ia kalian bunuh karena sesungguhnya ia adalah setan."
ular yang tidak boleh kita bunuh adalah ular yang ada di dalam rumah saja, sedangkan ular yang berada di luar rumah boleh kita bunuh tanpa prosedur seperti di atas. nabi bersabda: "janganlah kalian membunuh jin kecuali setiap ular yang berekor pendek dan memiliki dua garis berwarna putih di punggungnya karena ular tersebut dapat menggugurkan kandungan dan membuat mata menjadi buta,maka bunuhlah ular semacam itu. (HR Bukhori)