Senin, 07 Mei 2012

PERLU PELAJARAN ALAM GHAIB DI SEKOLAH AGAMA

     Sebagai umat islam sudah seharusnya kita menjadikan Al Qur'an dan Hadits sebagai rujukan dalam berbagai masalah termasuk masalah alam ghaib. namun sayang masih banyak umat islam yang salah dalam memahami dunia ghaib. hal ini terjadi salah satunya karena banyaknya tayangan di tv, film di bioskop juga media cetak yang memberi pemahaman keliru tentang alam ghaib. pemahaman yang keliru itu seperti mempercayai setan-setan yang menampakan diri adalah roh orang yang matinya tidak wajar, mempercayai roh orang yang sudah mati bisa di panggil, jika wanita hamil meninggal maka ia akan menjadi kuntilanak dll.
     Saya sendiri dulu sekolah di madrasai ibtidaiyah, madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah. di sekolah-sekolah tersebut  memang ada salah satu mata pelajaran yang menyinggung alam ghaib seperti jin dll namun pembahasannya tidak lengkap dan menyeluruh dan materi pelajarannyapun tidak bersifat kekinian. karena itu menurut saya sudah seharusnya ada mata pelajaran tersendiri yang khusus membahas alam ghaib dan bersifat kekinian yang meliputi;
- pembahasan tentang sihir dan cara pengobatannya menurut islam
- kasus interaksi manusia dengan Jin di zaman sekarang
- kesurupan, penyebab dan cara pengobatannya
- hubungan ilmu kesaktian dan andil jin
- dan lain-lain
dan yang lebih penting materi pelajaran tersebut harus menekankan pada kasus-kasus kekinian yang terjadi pada masarakat.
      Saya sendiri yang selalu sekolah di sekolah agama ketika lulus dari Aliyah masih sangat awam pemahamannya tentang alam ghaib. karena itu ketika di tv ramai acara penampakan (di tahun 1998an) saya sempat ikut berkeyakinan bahwa orang yang matinya tidak wajar seperti di bunuh, bunuh diri, kecelakaan dan sejenisnya maka arwahnya akan gentayangan. keyakinan saya baru berubah setelah di tahun 2005 rajin membaca majalah ghoib yang kemudian berubah nama menjadi majalah al iman bil ghoib, sebuah majalah yang mempunyai moto 'mengimani yang ghoib sesuai syariat'.
     karena itu adanya mata pelajaran yang khusus membahas alam ghaib menurut saya sangat penting dan mendesak. tujuannya agar mereka yang lulus dari sekolah agama bisa menjadi rujukan masarakat dalam memahami fenomena supranatural yang terjadi di masarakat seperti kasus kesurupan dan penampakan.

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda