Kamis, 06 September 2012

KERASUKAN JIN, MUNGKINKAH?

     Walaupun kejadian kesurupan, bahkan kesurupan masal sering terjadi tapi masih ada saja orang yang tidak percaya jin bisa masuk ke tubuh manusia dan membuat kesurupan. lalu bagaimana islam memandang kesurupan? perhatikan pendapat ulama di bawah ini
     Ibnu Taimiyah mengatakan "para imam ahlu sunaah wal jamaah sepakat bahwa jin bisa masuk ke dalam tubuh manusia"
     Imam Abdullah bin Imam Ahmad bin hambal berkata "aku melaporkan kepada ayahku bahwa banyak orang mengatakan sesungguhnya jin tidak bisa masuk ke dalam tubuh orang yang kesurupan. lalu ayah mengatakan bahwa orang yang berpendapat seperti itu telah berbohong. jin ini akan berbicara lewat lisan orang yang kesurupan"
     Ibnu Taimiyah memberikan komentar, apa yang di sampaikan ayahku dulu adalah masalah yang sudah populer bahwa sesungguhnya setan bisa masuk ke dalam tubuh seseorang sehingga orang itu akan mengucapkan kata-kata yang tidak di mengerti. jika badan orang itu di pukul dengan keras maka dia tidak akan merasakan apapun. orang itu juga tidak menyadari apa yang dia katakan.
     Ibnu Taimiyah menjelaskan lebih lanjut " tidak ada seorangpun dari kalangan ulama islam yang mengingkari adanya kemungkinan jin masuk ke dalam tubuh orang yang kesurupan. orang yang mengingkarinya dan mengklaim bahwa  syariat menganggap hal itu sebagai kebohongan maka sesungguhnya dia sendirilah yang telah mendustakan syariat agama. tidak ada satupun dalil yang meniadakan kemunkinan ini.(majmu al fatawa 24/276)

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda